Pada hari Jumat tanggal 15 Januari 2016 bertempat di Ruang Sindoro Bappeda
Kabupaten Temanggung dilaksanakan kegiatan paparan rencana kegiatan Bappeda
Kabupaten Temanggung Tahun 2016. Acara diikuti oleh semua pegawai Bappeda dan
diharuskan semua mengikuti sampai dengan selesai. Tujuan dilaksanakan kegiatan
adalah agar semua personil di Bappeda Kabupaten Temanggung mengetahui semua
kegiatan yang akan dilaksanakan.
Rapat koordinasi dilaksanakan dalam bentuk desk antara SKPD dengan personil
dari Bappeda Kabupaten Temanggung sebagai fasilitator. Masing-masing
fasilitator bertugas melaksanakan klarifikasi dan validasi data beserta
narasinya, mencermati evaluasi Renja Triwulan IV Tahun 2015, menggali
permasalahan dan isu strategis. Tiap fasilitator menangani 3 (tiga) SKPD agar
desk berjalan efektif dan hasil desk bisa lebih mendalam.
Pelaksanaan desk selama tiga hari berjalan dengan lancar, ada beberapa SKPD
yang langsung bisa menyampaikan hasilnya namun ada pula SKPD yang belum bisa
menyampaikan. Data-data yang dibutuhkan dalam pelaksanaan desk yang belum bisa
menyampaikan langsung maka ditunggu sampai hari berikutnya. Data-data yang
didesk adalah data-data yang tercantum dalam Bab II Rancangan awal RKPD dan
disinkronisasi dengan data sistem informasi pembangunan daerah (SIPD).
Data-data dan informasi yang disampaikan selanjutnya akan dientry ulang
oleh Bappeda dalam uraian Bab II Rancangan RKPD Kabupaten Temanggung Tahun
2017. Begitu juga dengan laporan evaluasi renja SKPD triwulan IV tahun 2015
akan direkapitulasi menjadi laporan evaluasi RKPD Kabupaten Temanggung triwulan
IV tahun 2015 beserta analisisnya. Selanjutnya untuk isu strategis dan
permasalahan yang masuk juga akan dihimpun namun sebelum dimasukkan dalam
rancangan RKPD akan dibahas lebih dahulu oleh tim teknis penyusunan RKPD.
Harapan dari pelaksanaan desk selama tiga hari tersebut adalah adanya
penyempurnaan baik dari sisi kelengkapan data maupun informasi serta analisisnya.
Dengan demikian isi buku RKPD Kabupaten Temanggung tahun 2017 akan lebih
berkualitas (IND).